Kamis, 07 Mei 2015

BUDIDAYA CABE POT




Cabe merupakan komoditas pertanian yang paling banyak dicari denga harga yag kadang naik dan turun. Harga cabe akan melonjak tajam ketika menjelang hari lebaran. Hal ini pula yang memancing orang untuk menanam cabe, bai untuk dikonsumsi sendiri maupu dijual kembali.Namun sayag bagi mereka yang tinggal di kota yang padat penduduk tidak bisa menanam cabe. Adapun bagi anda yang mau tahu bagaimana cara menanam cabe di pot, sebagai berikut :

Memilih Benih
Untuk anda yang ingin menanam cabe lokal dan hibrida sendiri tidak mempunyai perbedaan yang begitu berarti. Namun hanya saja beberapa cabe hibrida sangat dianjurkan untuk dirawat dengan produk-produk obat-obatan. Secara teknis unutk cara menanam cabe di pot sangat mudah khususnya untuk cabe lokal. Karena lebih adaptif dengan kondisi lingjungan cabe hibrida. Namun untuk produktivitasnya masih berbeda dengan cabe hibrida.




Penyamakan Benih
Untuk menanam benih cabe sendiri harus disemakan dahuu, tidak boleh langsung ditaruh. Anda harus memisahkannya terlebih dahulu, untuk melihat apakah ada yang cacat atau berpenyakit. Dan anda juga harus melihat kesiapan bibit sampai siap ditanam diadalam pot. Jika anda masih bingung anda bisa membaca dimajalah tanaman. Pilihla tanah yang subur. Jika anda pemula anda bisa menggunakan pot yang berukuran kecil aja, lalu tunggulah beberapa minggu. Perhatikan setiap perkembangan cabe tersebut. Catatlah perkembangannya setiap beberapa minggu sekali. Berilah vaksin agar sabe terhindar dari hama tikus.

Persiapan Media Tanam
Untuk persiapan media tanam, anda bisa memilih polybag atau pot Untuk polybag anda bisa gunakan dengan ukuran 30 cm. Untuk pot lubangilah bagian bawah untuk saluran drainase. Adapun untuk cara menanam di polubag sendiri anda bisa menggunakan media tanam dari campuran tanah., kompos, pupuk kanda, serta sekam padi, dan lain sebagainya.






Itulah beberapa tips cara menanam cabe di pot. Untuk media tanah sendiri diwajibkan anda harus mengayaknya. Lalu anda bisa mencampurkan sekitar 3 sendok. Aduk hingga rata. Telitilah dalam membeli pot, pastikan tidak ada cacat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar